Monday 23 May 2016

Resep Tempoyak Ikan Patin Khas Jambi


tempoyak ikan patin aneka sari rasa

      Resep Tempoyak Ikan Patin Khas Jambi- Resep yang satu ini tentu sudah jika anda  banyak yang mengetahuinya dan sudah tidak asing lagi bukan, Tempoyak ini merupakan salah satu masakan khas jambi apalagi yang biasanya dihidangkan bersama nasi hangat. Untuk membuat tempoyak pilihlah ikan yang sesuai dengan  ikan yang anda sukai, disini saya menggunakan ikan patin, jika anda tidak suka dengan ikan patin anda bisa menggantinya dengan ikan nila, ikan gabus dan lain-lainnya.


Tempoyak ikan patin ini adalah makanan yang sangat sederhana, bahan dasar tempoyak ini berasal dari duren, sebagian orang mungkin aneh ya masak tempoyak dicampur ikan. Duren yang digunakan disini yaitu duren yang sudah dipermentasikan, duren yang sudah dipermentasikan inilah yang disebut dengan tempoyak. Menu ini banyak dijual dirumah makan khas jambi, jadi untuk para wisatawan yang ingin berkunjung kejambi silhkan cari masakan tempoyak ini dirumah makan khas jambi.

Untuk pemilihan tempoyak itu sendiri pilihlah tempoyak yang bahan dasarnya memang betul-betul dari duren asli, biasanya tempoyak itu sendiri bahannya banyak dicampur dengan pisang, kemang dan lain-lain. Hal ini membuat rasa tempoyak menjadi tidak enak. Bagi bunda yang belum tahu bagaimana cara membuat tempoyak ikan patin kali ini Aneka Sari Rasa akan berbagi resep kepada anda, simak resepnya dibawah ini :

Bahan-bahannya :
  1. 1 kg ikan patin, bersihkan kemudian potong-potong
  2. 150 gr tempoyak
  3. 1 Batang serai memarkan
  4. 800 ml air
  5. Gula seckupnya 
  6. Garam secukupnya
  7. Penyedap rasa secukupnya
  8. 10 buah cabai rawit
  9. 3 cm kunyit
Bumbu yang dihaluskan : 

  1. Kunyit dihaluskan
  2. Cabe rawit
Cara Membuat Tempoyak Ikan Patin : 
  1. Langkah pertama untuk memasak tempoyak lumuri ikan  yang sudah dibersihkan dengan tempoyak dan bumbu yang  telah dihaluskan
  2. Masukkan kedalam panci, kemudian tuangkan air kedalam panci
  3. Masukkan serai yang telah dimemarkan
  4. Masukkan garam,gula, penyedap rasa
  5. Aduk hingga Merata
  6. Biarkan sampai mendidih, kemudian angkat dan sajikan.
  7. Tempoyak sudah siap disantap.
Gimana Bun resep tempoyak dari saya sangat mudah ya bun cara membuatnya, mudah dan praktis. Sekian dulu resep dari Aneka Sari Rasa semoga dapt bermanfaat bagi kita semua, silahkan dipraktekkan dirumah ya bun. Jangan lupa tunggu resep-resep saya selanjutnya.


No comments:

Post a Comment