Wednesday 18 May 2016

Resep Bumbu Ayam Bakar Kecap Spesial dan Cara Membuatnya

        Sahabat setia Aneka Sari Rasa artikel saya kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat resep bumbu ayam bakar kecap spesial. Buat sahabat dirumah mungkin banyak ya yang menggemari ayam bakar termasuk saya juga pencinta menu satu ini. Selain membuat menu ayam bakar tergoong begitu sangat mudah, kita juga bisa membuat berbagai macam  aneka resep ayam bakar dengan bahan baku ayam dan bumbu ayam bakar kecap dengan mudah, seperti ayam bakar kecap madu, ayam bakar kecap pedas, ayam bakar kecap bango, ayam bakar kecap mentega, ayam bakar kecap oven dan yang lainnya.
Untuk membuat resep ayam bakar memang tergolong mudah, walaupun ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan supaya bakaran ayamnya tidak gosong tapi tetap empuk dan bumbunya meresap sampai kedalam. Paling yang harus diperhatikan dalam membuat resep ayam kecap ini adalah bumbu ayam kecap nya saja.

Membuat ayam bakar ini dikatakan mudah bagi yang sudah tahu bumbu ayam bakar yang enak dan dikatakan susah buat kita yang sama sekali belum pernah mencobanya. Membuat ayam bakar ini prosesnya tidak sama seperti kita membuat ikan bakar yang biasanay tidak perlu diolah terlebih dahulu dan tinggal melapisi ikan saat hendak dibakar, cara membuat ayam bakar kecap sedikit membutuhkan proses pengolahan didaging ayam yang akan digunakan. Untuk mendapatkan hasil hasil resep ayam bakar kecap spesial yang memang benar-benar enak, lezat, dan empuk sampai kedalam dagingnya, teman-teman harus merebus terlebih dahulu dagingnya, sahabat harus merebus terlebih dahulu ayam nya atau biasa yang kita kenal dengan bahasa diungkep sehingga ayam menjadi empuk. Tentu saja bumbu dan cara membuatnya sedikit beda dengan dengan bumbu untuk mengungkep ayam goreng dan ayam panggang. Untuk lebih jelasnya, silahkan sahabat lihat bumbu dan cara membuat resep ayam kecap dibawah ini :

ayam bakar kecap spesial



   Resep Bumbu Ayam Bakar Kecap Spesial   :
  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah satu ekor ayam ukuran sedang besar. Bisa menggunakan ayam kampung atau ayam potong. Potong ayam menjadi 4-6 bagian atau sesuai selera.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5-6 siung. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan. Kalau bisa gunakan bawang merah lokal karena aromanya lebih harum.
  3. Buah cabai keriting ukuran besar kurang lebih sebanyak 8 buah. Bisa ditambah cabe rawit atau dikurangi sesuai selera. Cuci terlebih dahulu sebelum cabai digunakan.
  4. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung, kupas terlebih dahulu sebelu bawang digunakan.
  5. Lengkuas ukurang sedang, kurang lebih 1 ruas ukuran jari orang dewasa. 
  6. Kunyit ukuran sedang, kurang lebih 1 ruas ukuran jari orang dewasa.
  7. Ketumbar kasar kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.
  8. Jahe ukuran sedang, kurang lebih 1 ruas jari orang dewasa.
  9. Daun salam ukuran besar sebanyak 4 lembar.
  10. 2 sendok makan air asam jawa
  11. Kecap manis kental kualitas bagus kurang lebih sebanyak 6 sendok makan. Gunakan merek terkenal supaya hasilnya lebih enak dan meresap sampai kedaging ayamnya.
  12. Air bersih untuk merebus/ mengungkep ayam secukupnya ( kurang lebih 300-400 ml).
  13. Air jeruk nipis kurang lebih sebanyak satu sendok teh saja.
  14. Garam dapur beryodium secukupnya ( cukup 1 sendok teh saja ).
  15. Bila suka gunakan penyedap rasa.
  16. Gunakan gula pasir kurang lebih 1 sendok kecil.
Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap Spesial  :
  1. Cuci bersih ayam yang telah dipotong lalu tiriskan sebentar dan cuci juga semua bahan yang akan digunakan samapi bersih.
  2. Lumuri ayam yang sudah dicuci bersih dengan perasan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit sampai perasan jeruk nipis meresap.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe keriting dan cabe rawit, ketumbar, lengkuas, jahe, kunyit, garam dan gula pasir yang sudah dipersiapkan tadi. Jika sahabat ingin prosesnya cepat bisa menghaluskan bumbunya dengan cara dblender.
  4. Lumuri kembali ayam dengan bumbu yang telah dihaluskan. Lumuri semua bagian sampai benar-benar ayam terlumuri bumbu dengan rata.
  5. Diamkan sebentar sampai bumbu meresap kedalam dagingnya. kurang lebih diamkan selama 45 menit.
  6. Siapkan satu panci untuk mengungkep ayamnya. Masukkan ayam beserta bumbunya, dan beri air secukupnya.
  7. Rebus atau ungkep ayam dan masukkan daun salam, air asam dan kecap manis kental yang sudah dipersiapkan. Agar bumbu rata jangan lupa diaduk sampai rata agar bumbu meresap kedalam daging ayamnya.
  8. Ungkep ayam dengan api sedang sampai daging empuk dan rebusan air menyusut (air mengental menjadi seperti kuah kental).
  9. Setelah empuk, angkat daging ayamnya dan tiriskan sebentar sebelum dibakar. Sisa bumbu jangan dibuang karena akan dipakai untuk mengolesi daging saat proses pembakaran nanti.
  10. Siapkan bakaran ayam dan bara api panas. Bakar ayam diatas sampai permukaannya kering dan tercium bau harum.
  11. Jangan lupa bolak-balik daging ayamnya dan seskali dilumri lagi dengan bumbu ungkep supaya benar-benar meresap dan hasilnya lebih enak.
Bagaimana menurut sahabat setia Aneka Sari Rasa tentang cara membuat ayam bakar buku kecap spesial diatas, ternyata tidak terlalu sulitkan. Biasanya resep ayam bakar kecap spesial ini paling enak disantap bersama nasi putih, tidak dimakan bersamaan nasi juga enak sahabat karena rasanya yang begitu nikmat, Selamat mencoba ya sahabat dirumah.

No comments:

Post a Comment