Wednesday 18 May 2016

Resep kue pancong yang gurih dan manis

Mungkin diantara kita masih dengan mudah bisa menemukan penjual kue pancong ini di sekitar rumah atau sekolah anak - anak. yaaa memang di beberapa temapat masih bisa dengan mudah menemukan penjual kue satu ini, tetapi secara umum sekarang memang sangat jarang sekali bisa di jumpai, padahal harga kue pancong ini bisa dibilang cukup muruh dan tidak mengura kantong kita. resep kue ringan ini juga lebih aman dan sehat buat anak - anak dan lezat dengan tekstur luarnya yang cukup garing dan lembut didalamnya . walaupun harganya cukup murah, memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan resep pancong ini sudah mulai dan mulai digerus oleh zaman. 

untuk itu, sudah sepantasnya kita ikut melestarikan keberadaan kue pancong ini, apalagi cara membuat kue pancong juga sangat sederhana dan mudah diikuti, alat - alat dan bahannyapun sangat mudah dapat di toko nah dibawah ini saya akan memberikan resep cara membuat kue pancong.

aneka sari rasa kue pancong






Bahan - bahan kue pancong:
  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung beras kualitas bagus kurang lebih sebanyak 300 gam saja, gunakan tepung beras yang masih baru dan tidak apek. jangan lupa saring dan ayak terlebih dahulu sebelum digunakan.
  2. Buah kelapa ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 buah saja. gunakan kelapa yang tidak terlalu tua supaya rasnya lebih gurih kemudian di parut.
  3. Santan yang diambil dari perasaan buah kelapa asli kurang lebih sebanyak 650 ml saja. bisa juga mengunakan santan instan, tetapi nanti rasanya kurang gurih.
  4. Garam dapur beryodium yang halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  5. Gula pasir kualitas bagus secukupnya sesuai selera untuk bahan taburan diatasnya atau bisa juga mengunakan parutan keju, cokelat atau lainnya.
Cara membuat kue pancong:
  1. Ambil satu wadah cukup besar untuk adonannya dan masukkan tepung beras yang sudah diayak beserta garam dapur beryodium dan
  2. Langkah pertama adalah rebus santan yang akan digunakan sampai benar - benar mendidih. jangan lupa sambil diaduk supaya kualitas santan bagus dan tidak pecah nantinya. setelah matang diamkan sebentar supaya agak dingin baru dicampur dengan bahan lain.
  3. kelapa parutnya.
  4. Aduk - aduk ketiga bahan diatas sampai benar - benar tercampur rata.
  5. Tuang santan yang sudah direbus terlebih dahulu diatas kedalam wadah adonan tadisedikit demi sedikit sambil diaduk supaya tercampur rata. disarankan untuk mencampurnya dengan mengunakan tangan, tetapi juga boleh mengunakan alat bantu laiinnya.
  6. Siapkan cetakan kue pancongnya atau juga bisa mengunakan cetakan pukis atau kue apem diatas api dan tunggu sampai panas. sebelum diberi adonan, teman - reman bisa mengolesi cetakannya dengan sedikit minyak atau margarin atau tidak lengket.
  7. Tuang adonan pancongnya ke dalam cetakan secukupnya dan tutup sampai matang.
  8. Ulangi sampai semua adonan habis kemudian angkat dan sajikan untuk hidangan dan cemilan kelaurga.
Nah sahabat semua itulah resep kue pancong yang sahabat semua bisa praktikkan dirumah sahabat sendiri. semoga bermanfaat yaaa selamat mencoba salam dan terima kasih.....

No comments:

Post a Comment