Sunday 22 May 2016

Resep Cara Membuat Kakap Goreng Tepung Saos Asam Manis

ikan kakap goreng saus sambal manis aneka sari rasa





Resep Cara Membuat Kakap Goreng Tepung Saos Asam Manis- Bagi para pencinta kuliner, terutama olahan berbahan ikan, pasti sahabat dirumah sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ikan kakap. Ikan kakap ini merupakan salah satu ikan yang terkenal enak diolah dengan berbagai jenis olahan. Di Aneka Sari Rasa
ini saya akan  menyajikan untuk sahabat dirumah bagaimana cara membuat ikan kakap goreng tepung enak, makanan ini memang terbilang simpel dalam proses pembuatannya. Namun, kelebihannya memiliki tekstur yang enak dan renyah.

Pada Dasarnya ikan kakap ini adalah ikan yang dapat diolah menjadi santapan yang enak. Nah jika bunda dan sahabat dirumah saat ini memiliki ikan kakap dan bingung bagaimana cara pengolahannya, maka tidak ada salahnya jika bunda dirumah mencobanya menjadi masakan ikan kakap goreng tepung asam saos manis.

Untuk pembuatan ikan kakap ini sendiri bunda dirumah harus memperhatikan bahan-bahanya terutama dalam pemilihan ikannya. Pilih lah ikan yang segar karena ikan yang segar dapat mempertahankan citarasa yang sangat enak.

Untuk bisa membuat ikan kakap goreng tepung asam saos manis dengan balutan tepung yang renyah, anda perlu mempersiapkan bahan seperti berikut :

Bahan-bahan  membuat kakap goreng tepung : 

  1. 250 gram ikan kakap fillet yang dipotong kotak
  2. 1 sendok air jeruk lemon
  3. Setengah sendok teh merica bubuk
  4. Setengah sendok teh garam
  5. Minyak goreng secukupnya.
Bahan pelapis : 

  1. 100 gram tepung terigu
  2. 100 ml susu cair
  3. 1 sendok makan tepung beras
  4. 1/4 sendok teh baking powder
  5. 1/4 sendok teh merica bubuk
  6. 1/4 sendok teh garam
Bahan untuk pelengkap ikan kakap goreng tepung : 
  1. Irisan tomat
  2. Selada keriting
  3. irisan mentimun
Bahan pelengkap bisa digunakan sesuai kemauan anda ya bun, untuk memberikan penampilan yang cantik untuk ikan kakap goreng saus asam manis.

Bahan untuk saus :
  1. 5 sendok makan mayonaise
  2. 1 sendok teh saos sambal
  3. 1 batang seledri yang dicincang halus
  4. 1 sendok teh gula pasir
  5. Seperempat cuka makan
  6. Seperempat sendok teh merica bubuk
  7. Seperempat sendok teh garam
Cara Membuat Ikan Kakap Goreng Tepung Saos Asam Manis : 

  1. Pertama kita lumuri ikan tadi dengan perasan jeruk air lemon dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu cuci hingga bersih, kemudian campur dengan merica bubuk dan garam serta aduk hingga merata, lalu diamkan 15 menit lagi agar bumbu meresap kedaging.
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng, dan sambil menunggu minyak panas, kita guling-gulingkan ikan pada tepung kemudian kita celupkan ikan dalam minyak yang sudah panas hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan, angkat dan tiriskan minyaknya.
  3. Untuk sausnya : Campurkan semua bahan saus menjadi satu, kemudian aduk hingga merata.
  4. Selanjutnya, susun ikan goreng tepung terseburt pada piring saji tuangkan saus kedalam piring yang berisikan ikan tadi.
Dengan mengikuti resep diatas, maka anda sudah bisa membuat ikan kakap goreng tepung saos asam manis yang lezat. Demikianlah resep dari saya semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba ya bunda dirumah. Ikutin terus ya bun resep-resep Aneka Sari Rasa saya selanjutnya. 

No comments:

Post a Comment