Thursday 26 May 2016

Resep Es Cirebon Ala Aneka Sari Rasa

Selamat jumpa Sahabat Aneka Sari Rasa- ini adalah salam untuk pengujung setia blog saya. Semoga sahabat semua dapat teriinspirasi dengan resep-resep Aneka Sari Rasa dan saya akan selalu menyajikan resep-resep yang sederhana,  yang bisa sahabat  semua coba dirumah. Apalagi sekarang sudah hampir mendekati bulan puasa yang pastinya bunda dirumah sedang mencari menu untuk berbuka puasa. Apalagi puasa sebulan penuh, sudah pasti banyak menu yang harus dipersiapkan untuk menyambut puasa nanti. 
                
es cirebon aneka sari rasa

                                                                

Biasanya menu berbuka puasa tidak lepas dari makanan yang manis, contohnya seperti kurma, kolak, kue yang manis dan tentunya minuman segar dan manis. Aneka Sari Rasa menyajikan kepada kita semua resep- resep yang bunda cari, kali ini saya akan membagikan resep Es Cirebon Ala Aneka Sari Rasa, minuman dingin yang manis ini banyak disukai oeh semua orang. Apalagi minuman dingin ini diminum saat cuaca panas sudah pastinya membuat tenggorokan segar.


Selain diminum pada saat hari panas, es cirebon ini merupakan pelepas dahaga kita, membuat kita terasa segar setelah meminumnya, apalagi es ini disantap pada saat berbuka puasa maka akan terasa lebih enak dan segar. Bayangkan saja setelah seharian menahan dahaga tentunya kita merasa sangat haus bukan, nah saat berbuka inilah momen yang sangat pas bila disajikan dengan minuman es cirebon yang dingin dan manis ini.

Minuman es cirebon ini, merupakan minuman khas cirebon, dan minuman ini bisa disajikan dalam gelas atau mangkok, biasanya berisi agar-agar bentuk kotak-kotak berwarna putih,dan diberi es serut yang sudah dicampur dengan santan dan gula, biasanya ada yang mencampurkannya dengan selasi. Resep yang kali ini saya bagikan sama dengan yang biasa anda minum akan tetapi disini saya akan banyak menambah buah-buahan biar es  terasa lebih nikmat dan terasa segar buah alami yang juga dapat membuat tubuh kita sehat dengan kandungan buah yang terdapat didalamnya.

Mari kita lihat apa saja resep membuat es cirebon dan bagaimana cara membuatnya,yuk kita lihat artikel dibawah ini.

Bahan-bahannya :

  1. Agar-agar bubuk 1 bungkus
  2. Air 500 ml
  3. Gula pasir 50 gram
  4. Manisan kolang-kaling 150 gram
  5. 1 Buah pepaya ukuran sedang
  6. Serutan Melon secukupnya
  7. Biji selasi
  8. Kelapa muda serut kasar
  9. 2 buah alpukat
  10. Es batu/ serutan es
Kuah Santan : 

  1. Santan 500 ml dari 1/2 butir kelapa
  2. Air gula 
  3. garam 1/2 sendok teh
Cara Membuat Es Cirebon : 

  1. Untuk langkah pertama dalam proses pembuatan es cirebon, rebuslah agar-agar bubuk, beri pewarna sesuka hati misalnya hijau,merah, kuning, kemudian masak sampai mendidih, angkat dan tuangkan dalam badah biarkan sampai membeku dan setelah dingin potong agar-agar bentuk kotak-kotak kecil.
  2. Kemudian bersihkan kolang-kaling dan potong-potong menjadi 4 bagian.
  3. Selanjutnya kupas kulit pepaya bersihkan dan potong pepaya kecil-kecil.
  4. Jika melon belum diserut, maka serutlah melon untuk tambahan secukupnya.
  5. Kemudian rendam biji selasi dengan air panas biarakan sampai mengembang, kemudian setelah mengembang saring biji selasi dan masukkan kedalam badah, sisihkan.
  6. Belah kelapa muda kemudian diserut kasar.
  7. Untuk Kuah masak santan dengan air gula sampai mendidih kemudian biarkan dingin.
  8. Masukkan agar-agar yang sudah dipotong kotak-kotak, terus kolang-kaling,pepaya, serutan melon,serutan kelapa muda, buah alpukat dan biji selasi, kemudian tuangkan santan kedalam gelas besar dan yang terakhir masukkan es batu atau serutan es.
  9. sajian ini untuk 3 porsi.
Demikianlah yang dapat saya sajikan kepada sahabat dirumah, semoga apa yang saya bagian ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan silahkan dicoba untuk membuatnya dirumah ya bun, sajikan buat anak-anak dan keluarga tercinta.

No comments:

Post a Comment