Thursday 12 May 2016

Resep Membuat Wedang Jahe Gula Aren

                                                                 wedang jahe gula aren            



Wedang Jahe, merupakan minuman tradisional yang khas berasal dari pulau jawa berlokasi dijawa timur dan juga jawa tengah. Wedang dalam bahasa jawa minuman hangat, jadi wedang jahe dapat diartikan minuman hangat yang berbahan jahe. orang luar negeri memnyebut minuman ini dengan ginger tea walaupun pada kenyataannya jahe ini sedikitpun tidak mengandung tannin. minuman ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan juga khas, terlebih lagi minuman jahe ini memiliki khasiat yang bermanfaat bagi tubuh.

Wedang Jahe sangat cocok jika diminum pada saat musim dingin atau diminum oleh orang yang sedang masuk angin. Minuman ini begitu banyak manfaatnya bagi tubuh selain menghangatkan tubuh juga bisa meredakan tenggorokan disaat batuk atau sedang terserang radang tenggorokan. Dari berbagai macam minuan tradisional wedang jahe ini merupakan solusi penghantar jamuan dalam keluarga saat sedang ngobrol disore hari.

Minuman jawa yang sudah turun -temurun warisan nenek moyang, mempunyai rasa khas jahe dan perpaduan gula aren, batang serai yang memberikan rasa yang berbeda dengan wedang jahe yang biasanya. Sahabat setia Aneka Sari Rasa bisa mencoba membuatnya dengan mengaplikasikan nya dengan irisan kelapa muda agar rasa yang dihasilkan lebih enak dengan cita rasa yang berbeda.

Resep Wedang Jahe Gula Aren, sangat mudah untuk membuatnya dan bahan-bahanya pun mudah untuk didapat, dan sekarang pun sudah banyak dijual diwarung-warung, namun alangkah baiknya kita mengetahui bagaimana cara membuatnya. Membuat wedang jahe gula aren tidak susah dan ketika kita malas untuk pergi kewarung kita bisa membuatnya sendiri dirumah.

Manfaat wedang jahe ini juga dapat mengusir ilek yang membandel, jika kita ingin mengoptimalkan khasiatnya kita dapat menambahkan perasan jeruk nipis kedalamnya. Jadi, jangan ragu sahabat setia Aneka Sari Rasa dirumah untuk minum wedang jahe, minuman ini memiliki manfaat yang sensasional meskipun termasuk minuman termasuk minuman tradisional.

RACIK MINUMAN INI BERSAMA BAHAN SEHAT LAINNYA.
Pada dasarnya minuman wedang jahe ini diracik dengan cara yang sangat sederhana. Caranya cukup dengan mengambil beberapa ruas jahe, kemidian dibersihkan, dipotong tipis-tipis atau bisa juga dimemarkan dan kemudian direbus dengan air. Ambil air rebusan tersebut dengan bahan lainnya seperti gula merah, madu dan jeruk nipis. Adapun dalam resep tertentu minuman wedang jahe ini biasanya direbus bersaman dengan cengkeh, kapulaga dan merica. Jika ingin ramuan wedang jahe ini menghasilkan aroma yang wangi kita bisa menambahkan daun pandan dan serai. Intinya wedang jamu spesial terdiri dari berbagai macam bahan campuran namun jahe merupakan sumber dari sensasi hangatnya.

Berkaitan dengan manfaat wedang jahe yang sangat beragam, tidak ada salahnya sahabat dirumah meracik ramuan penghangat tubuh ini untuk keluarga, terlebih lagi bila disajikan pada saat musim dingin. Berikut ini kita lihat resep cara membuat wedang jahe yang dapat anda coba dirumah.

                                                              RESEP WEDANG JAHE GULA AREN

Bahan :

80 gram jahe (bisa menggunakan jahe merah)
Air Putih 1 liter
500 ml susu full cream segar
100 gram gula pasir
Kapulaga 2 buah
4 cm kayu manis
1 buah gula aren
2 biji cengkeh

Bahan Tambahan :

Irisan Kelapa Muda
Daun Pandan
1 batang serai

Cara Membuat : 

  1. Pertama-tama potonglah jahe dalam ukuran kecil, kemudian bakar hingga menjadi setengah layu
  2. Memarkan jahe tersebut, kemudian rebus dengan air dan masukkan bahan seperti gula pasir, susu full cream, kapulaga, cengkeh, kayu manis, gula aren, dan bahan utama yaitu masukkan jahe dalam rebusan air.
  3. Jika ingin menambah aroma wangi boleh ditambahkan daun pandan dan 1 batang serai.
  4. untuk menambah cita rasa yang berbeda bisa menambahkan irisan kelapa muda.
  5. Angkat rebusan jahe kira-kira sudah menyusut dari ukuran semula.
  6. sajikan dalam gelas, dan wedang jahe dapat dinikmati bersama keluarga.
Demikianlah artikel tentang resep membuat wedang jahe gula aren, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan buat sahabat dirumah selamat mencoba.








No comments:

Post a Comment